Masuk

Ingat Saya

Turut Mengkampanyekan Cerdas Bermedsos #CerdasLawanHoax

Turut Mengkampanyekan Cerdas Bermedsos #CerdasLawanHoax

Hari ini, Kamis 2 Maret 2017 bertempat di Yogyakarta. BNPT menghadirkan penggiat dunia maya yang tergabung dalam PMD (Portal Media Damai) diantaranya; Damai.ID (144 orang user aktif), DutaDama (16 orang perwakilan dari 4 region) dan JalanDamai (50 kontributor penulis) mengadakan acara Sarasehan Pencegahan Paham Radikal Terorisme dan ISIS di Kalangan Penggiat Dunia Maya. BNPT merupakan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, turut hadir di dunia digital dalam menangani terorisme yang semakin berkembang. Salah satunya HOAX.

17076331_259156847871849_318701829087035392_nHoax (wikipedia.org) merupakan pemberitaan palsu adalah usaha untuk menipu atau mengakali pembaca/pendengarnya untuk mempercayai sesuatu, padahal sang pencipta berita palsu tersebut tahu bahwa berita tersebut palsu. Hoax mulai viral di Indonesia sejak pemilihan calon presiden pada tahun 2014.

Menurut narasumber Bapak Septiaji Eko Nugroho, ST, M.Sc, (Ketua Masyarakat Anti Fitnah Indonesia) adapun pelaku hoax yang dibahas dalam seminar tersebut:

  • Pembuatan dan penyebaran berita hoax; Website, Akun Media Sosial, Orang Asing/Proxy War
  • Penyebar berita hoax; Hyper Partisan, Orang Lugu (Ibu RT, Anak Sekolah, Gaptek)

Portal Media Damai juga mengajak setiap orang ketika menerima informasi maupun berita di media, hendaknya lakukan saring sebelum sharing

#CerdasLawanHoax #DamailahRI #BNPTRI

 

Dengan